Apa Penyebab Keringat Berlebih? Yuk Kenali Gejalanya

Berkeringat itu normal, tetapi berkeringat berlebihan bisa menyebabkan masalah. Anda dapat membayangkan betapa curiga seseorang dalam hubungan ketika ketiaknya selalu basah karena produksi keringat yang berlebihan. Sayangnya, sekali lagi, ketika keringat berlebih disertai dengan aroma yang tidak sedap. Masalah ini adalah masalah klasik yang sering ditemukan oleh orang yang tinggal di daerah tropis. Secara umum, tubuh akan berkeringat ketika menerima rangsangan panas dari tubuh dan suhu udara. Keringat juga keluar saat orang berolahraga, jadi panas dari tubuh keluar. Itu sebabnya keringat adalah salah satu mekanisme pertahanan tubuh untuk menjaga kelembaban kulit, kata Retno Iswari Tranggono, MD, dokter kulit dan kecantikan di Ristra House.

Namun, masalahnya akan berbeda jika produksi keringat berlebih dan hampir selalu mengalir. Masalah yang pasti muncul adalah perasaan tidak nyaman dan berkurangnya rasa percaya diri. Keadaan keringat berlebih juga disebut hiperhidrosis. Hyperhidrosis adalah ekskresi atau pelepasan keringat dan panas dalam jumlah yang lebih dari yang diperlukan untuk mendinginkan tubuh. Kebanyakan penderita hiperhidrosis akan mudah untuk berkeringat 4-5 kali lebih banyak dari biasanya. Jadi, bahkan di ruangan yang dingin, pakaian Anda bisa basah karena keringat, karena gejala berikut adalah indikator yang dapat Anda gunakan:

Keringat berlebih, terutama pada bagian tubuh seperti telapak tangan, ketiak, kulit kepala, telapak kaki, wajah dan sepanjang jaringan payudara. Bagian tubuh yang mengalami hiperhidrosis biasanya berwarna merah karena iritasi. Dalam kasus yang lebih parah, kulit bisa retak dan bersisik, terutama di kaki.

Penyebab keringat berlebih

Sejauh ini, penyebab keringat berlebih belum diketahui, tetapi para ahli mengatakan ada dua kemungkinan penyebab. Hiperhidrosis dibagi menjadi dua, yaitu hiperhidrosis primer dan hiperhidrosis sekunder. Hiperhidrosis primer disebabkan oleh faktor genetik di mana sistem saraf secara aktif merangsang kelenjar keringat dan menyebabkan keringat berlebih. Ini dapat diperburuk oleh faktor psikologis seperti kecemasan, rasa malu dan kecemasan. Dalam kasus hiperhidrosis sekunder, keringat berlebih disebabkan oleh penyakit atau kondisi tertentu:

  1. Makan makanan pedas dan minuman tertentu seperti kafein dan alkohol.
  2. Efek obat-obatan seperti morfin, aspirin, tiroksin dosis tinggi dan asetaminofen.
  3. Demam saat suhu tubuh mulai turun.
  4. Terkait dengan penyakit tertentu, seperti penyakit jantung, TBC dan malaria.
  5. Aktivitas berlebihan di sistem saraf simpatis sebagai kontrol berkeringat.
  6. Hipoglikemia atau gula darah rendah.
  7. Hipertiroidisme, kelenjar tiroid yang menghasilkan hormon dalam jumlah besar.
  8. Kegemukan.

Cara mengurangi keringat berlebih

Jika Anda mengalami keringat berlebih dan disebabkan oleh penyakit, penyebabnya akan diatasi. Misalnya, jika disebabkan oleh kelainan tiroid, pembedahan tiroid akan dirawat atau dilakukan. Jika keringat berlebih disebabkan oleh masalah dengan kadar gula darah pada penderita diabetes, upaya dapat dilakukan untuk mengontrol kadar gula darah untuk menghilangkan keringat berlebih.

Sementara cara lain untuk menghilangkan keringat berlebih adalah melalui perawatan. Perawatan keringat berlebih di bagian tubuh tertentu dimaksudkan untuk mengurangi gejala, misalnya dengan memberikan suntikan Botox untuk menghentikan aktivitas saraf yang menyebabkan keringat berlebih. Selain itu, cara-cara dapat diberikan untuk memberikan antiperspiran dalam bentuk roll-on, semprotan, lotion atau obat-obatan yang dapat menghambat kelenjar keringat. Cara lain adalah dengan melakukan operasi.

Operasi ini bisa berupa operasi pengangkatan kelenjar keringat atau memotong saraf di dada yang dapat menyebabkan keringat berlebih. Penghapusan lemak di daerah dengan keringat berlebih juga bisa dilakukan untuk mengurangi produksi keringat. Selain itu, iontophoresis dapat dilakukan, pengobatan dengan stimulasi listrik bertegangan rendah untuk sementara menghentikan fungsi kelenjar keringat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *