Bahan Batik Primissima

Batik itu dapat dikatakan sebagai salah satu seni membuat titik, atau menitik. Dengan kata lain, batik adlah suatu metode  dari pembuatan kain. Lantass mengapa titik? Alat yang digunakan untuk membuat motif batik bernama canting. Garis dan motifnya yang dihasilkan oleh alat canting selalu terdiri dari sebuah titik titik. Penggunaan canting ini biasanya terdapat pada pembuatan jenis batik tulis. Karena pada batik tulis ini proses pengerjaannya yang masih secara manual atau secara tradisional dengan langsung menggunakan tangan langsung pembatik dan canting sebagai alat gambarnya. Batik tulis ini masih belum tersentuh dari  teknologi seperti printing maupun cap. Dengan begitu proses pengerjaannya dan usahanya yang lebih keras juga  dengan waktu yang lama sehingga membuat harganya tinggi. Selain itu memang kualitasnya batik tulis terlihat lebih baik dibandingkan teknik membatik lainnya. Oleh karena itu, mari kita lebih menghargai para pengrajin batik tulis yang masih melestarikan kebudayaan yang diturunkan oleh para leluhur kita terdahulu. Sehingga kualitas batik di Indonesia akan tetap terjaga keunikannya hingga ratusan tahun ke depan dan ke generasi selanjutnya.

Dalam membuat batik tulis ada salah satu bahan utama yang harus ada, yaitu primissima. Berikut sedikit penjelasannya.

Primissima

Kata ‘Primissima’ ini nampaknya berasal dari kata prima yang artinya kelas satu. Mori yang paling halus ini seringkali dipakai untuk membuat batik tulis, jarang digunakan untuk batik cap. Dan kemudian mori golongan ini dulu diimport dari Belanda dan Jepang. Sejak tahun 1970 di Indonesia sudah  didirikan pabrik yang memproduksi yang kualitasnya hampir mendekati golongan Primissima.

  1. Prima, golongan halus

Kata ‘Prima’ juga berasal dari bahasa inggris kata prime atau kelas satu. Seperti golongan pertama, kain ini biasa didapatkan secara import,dan eksklusive namun kini Indonesia sudah memproduksi kain yang mendekati kualitas golongan Prima.

  1. Biru / medium, golongan dengan kehalusan sedang

Kata ‘biru’ disini didapat dari merk kain ini yang dicetak dengan tinta biru. Biru diimport dari negara Belanda, Jepang, India dan China. Golongan kain medium biasanya digunakan untuk membuat batik sedang atau kasar. Batik kain batik dari golongan ini disebut ‘Batik Sandang’.

  1. Kain Blaco / grey yang kasar

Golongan kain paling kasar ini juga biasa disebut grey karena warna kain yang belum diputihkan. Pengusaha dari batik juga sering menenun sendiri kain ini dengan alat tenun bukan mesin.

Beli Baju Batik dan kain batik berkualitas dengan harga terjangkau di https://batik-s128.com/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *