Ban Motor Terbaik Untuk Keamanan Berkendara, Begini Tips Memilihnya

Beberapa komponen penting dalam motor salah satunya yaitu ban motor. Ban motor menjadi bagian komponen penting karena berkaitan langsung dalam penggunaannya ketika berkendara. Menjadi komponen terpenting, dalam pemilihannya tentu tidak bisa sembarang pilih karena kaitannya dengan keselamatan. Sebelum memutuskan membeli ban motor baru, ada baiknya jika anda perhatikan tips memilih ban motor berikut ini.

Perhatikan kompon ban

Kompon ban merupakan bahan karet serta tingkat kekerasan pada ban. Kompon ban sendiri memiliki tiga jenis yaitu keras, lunak, dan sedang yang memiliki kelemahan, keunggulan, serta pemakaian masing-masing. Jika aktivitas bermotor Anda berkaitan dengan balap, ada baiknya jika memilih kompon ban yang lunak karena lebih sering bercengkram dengan permukaan aspal. Meski cocok digunakan balap bukan berarti jenis ban ini cocok juga dipakai untuk kecepatan tinggi di jalanan biasa dalam arti kasar dan panas. Kompon lunak ini memang lebih diperuntukkan untuk pembalab yang sering melewati tikungan yang tajam. Sedangkan untuk jalanan yang keras dan kering, akan lebih baik menggunakan kompon bas jenis yang keras. Akan tetapi meskipun awet dan keras, jenis kompon ban ini juga tidak nyaman apabila digunaan di jalan tikungan tajam sebab kompon tersebut dapat berpotensi slip.

Paling sering digunakan yaitu kompon sedang yaitu kompon yang sering ditemukan di bengkel. Kompon ban ini merupakan gabungan dari dua jenis kompon lunak dank eras. Kompon ban motor jenis sedang mampu digunakan di jalanan dengan kecepatan hingga 80 km/jam serta cukup aman dan nyaman.

Perhatikan ukuran velg motor

Vleg atau rim merupakan lingkaran tepi bagian dalam dari ban yang menjadi tempat terpasangnya ban motor. Sebelum memtuskan membeli ban motor, ada baiknya Anda memperhatikan ukuran velg motor. Beberapa pemofif motor biasanya menggunakan vleg motor yang tidak sesuai dengan ukuran motor. Hal tersebut cukup berbahaya jika digunakan dalam perjalanan terutama di jalan raya. Pilihlah ukuran velg yang sesuai dengan jenis motor dan ban motor yang sesuai ukurannya dengan velg sehingga motor nyaman ketika dipakai untuk berkendara.

Perhatikan jenis ban

Memilih jenis ban motor sangat penting dilakukan karena berkaitan dengan perawatannya. Ada dua jenis ban motor yang bisa anda pilih yaitu ban motor tubetype dan ban motor tubeless. Ban motor tubetype adalah ban motor yang terdiri atas ban luar dan ban dalam. Sedangkan ban tubeless adalah ban luar yang bisa langsung dipasang di velg roda motor tanpa ban dalam. Dari segi keunggulannya tentu lebih unggul ban tubeless di mana ketika tertusuk, ban motor tubeless tidak langsung kempes namun dalam penggunaannya beberapa orang masih memilih ban motor tubetype karena lebih murah. Meskipun begitu ban motor tubetype juga memiliki keunggulan di mana, bannya lebih empuk ketika dipakai selama perjalanan jauh.

Ban Motor Yamaha

Untuk menjaga performa motor Yamaha, perusahaan yamah juga turut menghadirkan suku cadang asli salah satunya yaitu ban motor. Menggunakan suku cadang asli tentu lebih banyak keunggulannya dibandingkan menggunakan komponen yang abal-abal. Suku cadang asli lebih terjamin kualitasnya juga harganya yang sesuai.

Ban motor dari Yamaha ini hadir dengan berbagai ukuran velg dan jenis kompon ban. Yamaha juga menyediakan ban motor dari jenis tubetype maupun tubeless. Meskipun pada produk motor terbarunya saat ini sudah menggunakan ban tubeless. Dengan suku cadang asli yang disediakan dari perusahaan, perawatan motor Yamaha akan semakin mudah dan tentunya terawat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *