Cara Mengatasi Pilek

Pilek merupakan penyakit ringan tetapi membuat penderitanya tidak nyaman.  Pilek mengakibatkan hidung menjadi tersumbat . Kondisi tersebut menimbulkan lendir atau ingus yang seharusnya dibuang menjadi mengendap dalam hidung.

Alhasil bernafas menjadi lebih sulit menyebabkan dan indra penciuman terganggu. Anda bisa segera mendapat obat-obatan untuk pilek dan berbagai penyakit dengan kunjungi  https://www.goapotik.com/promo/domperidone.

7 Cara Atasi Pilek

1.Perbanyak Meminum Air Hangat

Minuman air hangat atau teh hangat dapat membuat lendir yang diproduksi hidung karena pilek berbentuk lebih encer. Sehingga cairan lendir atau ingus mudah dikeluarkan. Sebaiknya minuman hangat tersebut dipadukan dengan jahe, lemon tea, dan mint tea.

Pasalnya minuman jenis tersebut mengandung antiseptik dan dekongestan alami untuk. Sangat baik untuk memperlancar sistem pernafasan.

2.Menghirup Uap Air Hangat

Salah satu cara melegakan hidung pilek dengan menghirup uap dari air panas. Sangat membantu dalam mencairkan lendir dalam hidung. Langkah-langkahnya, pertama masaklah air mentah sampai benar-benar mendidih.

Angkat lalu hirup uap air kuran lebih sejauh 20 cm. Sebaiknya jangan terlalu dekat dari hidung supaya tidak melepuh. Lakukan kegiatan ini sebelum tidur dan saat bangun tidur.

3.Menghirup Uap Air Panas Dicampur Minyak Kayu Putih

Menghirup uap air mendidih memang efektif untuk meredakm pilek. Agar memperoleh  hasil optimal, campurkan beberapa tetes minyak kayu putih alami. Hal ini tidak berbahaya bagi hidung, karena aroma minyak kayu putih lebih segar.

4.Mengompres  Hidung

Cara efektif selanjutnya adalah mengkompres hidung dengan air hangat. Pertama siapkan handuk atau saputangan kecil. Didihkan air dan celupkan saputangan atau handuk. Peras hingga air tidak terlalu basah. Kemudian letakkan perlahan handuk tersebut pada hidung. Teknik ini juga efektif diterapkan pada bayi.

5.Membuang Lendir Dalam Hidung

Baik orang dewasa dan anak-anak apabila mengalami hidung tersumbat wajib segera dikeluarkan  supaya tidak menghambat saluran pernapasan. Jika ingin membuang ingus anak-anak atau bayi tidak boleh sembarangan.

Sebaiknya menggunakan aspirator untuk membuang ingus, alat penghisap lendir hidung dapat dengan mudah didapat melalui apotik terdekat. Anda juga dapat membeli obat pilek resep dokter.

6.Menghangatkan Badan

Ketika pilek melanda sebaiknya hangatkan tubuh anda. Sebaiknya tidak tidur menggunakan AC maupun kipas angin. Jaga suhu tubuh tetap hangat dengan tidur dilapisi selimut.

7.Konsumis Bawang Putih

Anda dapat menguyah langsung atau memakan bawang putih agar meredakan pilek. Peran bawamg putih sebagai obat anti jamur dan anti-bakteri. Sehingga mampu melenyapkan bakteri yang menyebabkan hidung tersumbat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *