Cari Mobil Bekas? Perhatikan Hal Ini Sebelum Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Saat ini siapa pun bisa memiliki mobil, biasanya banyak yang memilih memiliki mobil bekas ketimbang membeli yang baru. Pasalnya mobil bekas itu sendiri jarang yang memiliki kualitas yang buruk atau bisa di bilang masih bagus, ditambah lagi bisa di lakukan dengan kredit. Kredit mobil bekas bisa di ajukan ke dealer maupun jasa leasing. Sebelum Anda mengajukan kredit mobil bekas, sebaiknya perhatikan hal – hal berikut ini:

Menentukan mobil yang akan di kredit

Hal pertama yang harus Anda perhatikan sebelum melakukan kredit mobil bekas adalah menentukan tipe mobil yang Anda inginkan. Mobil yang Anda pilih untuk kredit mobil bekas harus lah sesuai dengan kemampuan finansial Anda, hal ini bertujuan agar ke depannya terhindar dari hal – hal yang tak diinginkan seperti kredit macet hingga penarikan mobil. Anda bisa menemukan berbagai tipe dan harga mobil dengan mengunjungi situs terpercaya seperti https://www.seva.id/otomotif/in/oto/mobil/bekas/tipe/c/USEDCARTYPE .

Lakukan perhitungan

Banyak yang harus Anda per hitungkan untuk mengajukan kredit mobil bekas, seperti uang muka, jumlah cicilan, dan biaya tambahan lainnya. Biaya tambahan tersebut juga harus Anda tanggung seperti biaya jaminan fidusia, asuransi kendaraan, biaya provinsi, hingga biaya pemeliharaan rutin. Bila Anda memilih mobil tua, tentu akan membutuhkan biaya perawatan atau pemeliharaan yang ekstra pula.

Usia mobil tua yang bisa di kredit yakni maksimal 12 tahun saat cicilan selesai, sehingga hindari memilih mobil yang memiliki usia tua agar kredit mobil bekas yang diajukan bisa disetujui. Melakukan perhitungan dapat membantu Anda untuk mengetahui seberapa jumlah pengeluaran yang bisa Anda keluarkan pada saat memiliki mobil bekas. Jangan sampai Anda salah hitung, bisa – bisa akan berimbas pada keuangan keluarga Anda. Bila perlu gunakan simulasi kredit untuk melakukan perhitungan biaya yang harus dikeluarkan oleh Anda.

Suku bunga

Pertimbangkan suku bunga yang diperlukan sebelum Anda mengajukan kredit mobil bekas. Semakin besar suku bunga yang ditawarkan maka semakin besar pula biaya cicilan yang harus Anda bayarkan. Bisa dibilang suku bunga ini sangat mempengaruhi nominal dari cicilan bulanan Anda, perhatikan dan pertimbangkan dengan baik sebelum Anda mengajukan kredit mobil bekas.

Jangka waktu cicilan

Hal yang harus Anda perhatikan selanjutnya adalah perhatikan waktu cicilan yang di tawarkan. Semakin lama jangka waktu cicilan maka semakin ringan biaya yang harus Anda cicil setiap bulannya, sebaliknya bila jangka waktu cicilan cepat maka semakin besar pula cicilan yang harus Anda bayarkan. Anda bisa perhatikan jangka waktu cicilan sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda dalam membayarnya.

Melengkapi persyaratan

Bila Anda sudah yakin untuk mengajukan kredit mobil bekas, Anda bisa melengkapi persyaratan – persyaratan nya. Setiap leasing atau finance memiliki persyaratan yang tentunya berbeda-beda, sehingga Anda harus menanyakan dengan detail apa saja persyaratan nya agar tak jadi kesalahpahaman ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *