Di Pulau Kemaro di Palembang Ribuan Wisatawan Melewati Festival Cap Go Meh

Pulau Kemaro di Palembang adalah puncak dari festival Cap Go Meh. Ribuan pengunjung telah mempresentasikan dan memadati area tersebut.

DetikTravel, Minggu (17/02/2019) malam, ribuan pengunjung datang dan merayakan Cap Go Meh, Palembang. Ribuan lentera raksasa dan lilin mendominasi isi pulau di Sungai Musi.

Pengunjung tiba dengan perahu dari Jembatan Ampera. Namun ada juga jalur air pedalaman di bagian belakang yang mengarah ke tempat parkir PT Boga Sari.

Turis Herwan Lesmana mengatakan ia sering datang ke Pulau Cinta. Setiap pesta Cap Go Meh membawa keluarga ke pesta dan doa bersama.

“Jika kita teratur, setiap perayaan Cap Go Meh datang ke sini dengan semua keluarga, saya datang sore ini sampai saya segera berdoa dan melepaskan burung-burung,” kata Herwan.

Herwan sendiri mengaku berasal dari Palembang. Sekarang dia tinggal di Jambi selama 10 tahun. Dia menyebut perayaan Cap Go Meh tempat untuk tetap berhubungan.

“Kami tinggal di berbagai daerah, beberapa di Jambi, Kalimantan di Singapura, kali ini Cap Go Meh adalah keluarga angkat di rumah orang tua mereka di Palembang,” katanya.

Selama hubungan masyarakat di pulau Kemaro, Cek Harun mengatakan bahwa perayaan Cap Go Meh sebenarnya bisa dirayakan di mana-mana. Namun pulau Kemaro istimewa karena merupakan tradisi dan salah satu tempat suci bagi keturunan Cina.

“Faktanya, perayaan Cap Gomeh berlangsung di mana-mana di kota Palembang, memiliki posisi suci dan terletak di Pulau Kemaro,” kata Harun.

“Pulau ini memiliki dewa kebesaran suci yang sama, Siti Fatimah.” Ada satu keunikan, karena ada ritual di mana kambing dipotong pada tengah malam pada hari ke-13, yang jatuh malam ini.

Untuk jumlah pengunjung, Harun menyebutkan lebih dari 10.000 orang datang untuk malam perayaan. Keduanya berasal dari Garis Sungai Musi dan dari rute darat dengan kapal jalur air pedalaman.

“Kami mengharapkan lebih dari 10.000 pengunjung menghadiri perayaan tahun ini,” pungkasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *