Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Melakukan Tes Pap Smear di SehatQ.com

Selama ini ada banyak sekali tindakan medis yang dilakukan untuk mengantisipasi adanya penyakit tertentu. Ingatkah anda dengan istilah “Lebih baik mencegah daripada mengobati”?, istilah ini sangat berhubungan dengan pembahasan kali ini. Pernahkah anda mendengar istilah Pap Smear? Jika belum, ini merupakan rangkaian tes yang dilakukan dengan mengambil sample sel yang ada di permukaan leher rahim unutk mengetahui kondisi kesehatan leher rahim (serviks) atau menemukan adanya perubahan yang abnormal pada sel-sel leher rahim.

Oleh karena itulah, tindakan medis yang satu ini sangat disarankan untuk dilakukan oleh wanita untuk mencegah terjadinya penyakit kanker serviks mengingat bahwa penyakit ini merupakan penyakit yang paling banyak menyebabkan kematian pada wanita. Disarankan untuk melakukan pemeriksaan ini secara rutin dan berkalaagar segala penyakit yang ada pada leher rahim dapat dideteksi lebih awal sehingga bisa ditangani sebelum keadaan menjadi lebih parah.

Tips Sebelum Melakukan Pemeriksaan

Pemeriksaan pada leher rahim ini dianjurkan bagi wanita setiap 3 tahun sekali mulai dari usia 21 tahun keatas. Kemudian untuk wanita usia 30 hingga 65 tahun, pemeriksaan ini bisa dilakukan setiap 5 tahun sekali dengan dikombinasikan bersama pemeriksaan HPV. Demi kenyamanan dan kelancaran proses pemeriksaan, berikut ini tips untuk anda :

  1. Jangan lakukan tes saat menstruasi karena tidak akan nyaman. Selain tidak nyaman, keberadaan darah yang ada pada bagian leher rahim akan mempengaruhi keakuratan hasil tes.
  2. Jangan menggunakan pembalut, pantyliner, tampon, alat pembersih dubur, bedak, pembersih vagina, atau obat-obatan vagina selama 24 jam sebelum melakukan tes.
  3. Usahakan untuk tidak melakukan hubungan seksual selama 24 jam sebelum tes.
  4. Buanglah air kecil terlebih dulu sebelum meakukan tes untuk mengosongkan kandung kemih.
  5. Berikan informasi kepada dokter tentang kondisi anda dan jawab semua pertanyaan yang diajukan secara jujur dan tidak ditutup-tutupi.

Dengan melakukan beberapa hal diatas, maka proses pemeriksaan yang akan anda lakukan akan bisa berjalan dengan nyaman dan lancar. Beberapa pertanyaan yang biasanya akan diajukan oleh dokter adalah sudah berapa kali anda melakukan tes, apakah sedang dalam kondisi hamil, alat kontrasepsi yang digunakan, hari pertama menstruasi, rata-rata lama periode menstruasi, riwayat penyakit, dan masih banyak pertanyaan lainnya. Usahakan untuk tenang dalam menjawab pertanyaan yang diajukan.

Selain itu, hasil pemeriksaan ini tidak selalu akurat. Terdapat beberapa kasus yang menunjukkan bahwa hasil pemeriksaan ternyata palsu. Misalnya saja munculnya hasil negatif palsu yang menunjukkan pasien memiliki sel-sel abnormal di serviks namun tidak terlihat pada pemeriksaan. Kondisi ini bisa disebabkan oleh beberapa kondisi seperti sample sel yang diambil tidak cukup, sel-sel abnormal berjumlah sedikit, dan sel-sel abnormal tertutup oleh darah atau mengalami peradangan. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tidak melangsungkan proses pemeriksaan ketika anda sedang mengalami menstruasi, sebaiknya tunggulah beberapa hari kemudian.

Nah, itu dia beberapa informasi penting yang perlu anda ketahui sebelum melakukan tes Pap Smear. Jika anda masih memiliki pertanyaan seputar pemeriksaan ini, anda bisa menggunakan platform kesehatan SehatQ. Disana anda akan bisa langsung melakukan tanya jawab dengan dokter spesialis yang berhubungan dengan keluhan yang anda rasakan. Selain itu ada beragam jenis artikel yang bisa anda dapatkan untuk menambah wawasan dan ilmu seputar dunia kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *