Jenis Permainan untuk Bayi yang Baik untuk Perkembangan Sensorik & Motorik

Jenis permainan untuk bayi saat ini sudah semakin beragam sekali, sehingga yang demikian tersebut malah membuat Anda semakin bingung memilih mana permainan yang terbaik untuk si kecil. Padahal permainan untuk bayi ini memiliki peranan yang cukup penting, yakni untuk menunjang tumbuh kembangnya dengan baik.

Dengan memilihkan permainan yang tepat sesuai dengan tahapan usianya, maka akan membantu perkembangan sensorik dan motorik pada bayi Anda. Berikut ini ada beberapa jenis permainan yang bisa dipilihkan untuk bayi Anda, khususnya untuk bayi dengan usia 0 – 6 bulan.

Jenis Permainan untuk Bayi yang Baik untuk Perkembangan Sensorik & Motorik

Buku bergambar yang berbahan lembut dan halus

Seperti yang kita tahu bersama bahwa ada segudang manfaat buku bagi anak – anak, tak terkecuali bagi bayi dengan usia 0 – 6 bulan ini. Untuk si kecil dengan usia yang masih terbilang dini tersebut Anda bisa menggunakan buku yang dibuat dari bahan kain lembut dan halus, sehingga tidak mudah robek atau sobek pada saat dipegang si kecil. Jangan lupa untuk menemani si kecil agar dia bisa fokus untuk mendengarkan tiap kata baru pada saat Anda membacakannya.

Teether

Pada dasarnya bayi lebih senang mengeksplorasi mainan atau pun benda – benda yang ada di sekitarnya dengan indra mereka, tak terkecuali mulutnya. Jenis permainan untuk bayi satu ini nanti akan membantu mengembangkan daya eksplor si kecil dengan tangan, kaki, juga mulutnya. Kabar gembiranya, teether ternyata juga bisa mengatasi gusi yang gatal pada saat gigi bayi baru muncul.

Cermin yang aman untuk si kecil

Bayi juga senang sekali melihat bayangannya sendiri di cermin. Pada cermin inilah dia bisa amati dengan baik ada apa di tubuhnya, termasuk bagian mimik wajahnya sendiri. Cermin bahkan bermanfaat sekali untuk memotivasi si kecil ketika melakukan tummy time. Tetapi demikian, Anda disarankan untuk mencari cermin yang aman bagi untuk bayi, misalnya saja dengan memilih cermin yang bagian tepiannya diberi lapisan kain yang lembut dan halus.

Bouncer dan ayunan

Baik itu bouncer atau pun ayunan adalah benda yang terbaik untuk si kecil baru lahir. Bouncer umumnya sudah dilengkapi dengan mainan – mainan yang menggantung. Aktifitas gerak si kecil pada saat di bouncernya akan mengasah keterampilan awalnya, yakni meraih benda – benda atau mainan tersebut.

Playmat atau play gym

Pilihan lain jenis pemainan untuk bayi usia 0 – 6 bulan yang bisa dipilih adalah playmat atau play gym. Jenis permainan tersebut merupakan salah satu yang paling direkomendasikan. Alas dengan warna – warni ceria akan membantu memancing sensor motorik pada anak. Playmat biasanya juga dilengkapi dengan musik yang ternyata baik untuk kemampuan kognitif bayi, terutama di usia 4 bulan.

Rattle

Jenis permainan lain yang bagus untuk bayi usia 0 – 6 bulan adalah rattle. Ini merupakan jenis permainan yang direkomendasikan oleh pakar tumbuh kembang anak, sebab baik untuk stimulasi pendengaran dan penglihatan si kecil. Warnanya yang beragam tentu saja akan membuat kognisi si kecil semakin terasah dengan sangat baik.

Permainan yang ada di car seat

Car seat yang banyak dijual di toko – toko saat ini sudah dilengkapi dengan berbagai jenis permainan untuk bayi. Hal tersebut tentu saja akan membuat bayi tetap bisa bermain di mana pun dan mengajarkan mereka untuk tetap bergerak sekalipun ada di strollernya.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang jenis permainan untuk bayi yang baik untuk perkembangan sensorik & motorik. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *