Menkominfo Ungkap Pentingnya Pendidikan Robot Sejak Usia Dini

Menteri Komunikasi dan Informasi, Rudiantara mengungkapkan bahwa penting untuk mempelajari robotika sejak dini. Namun, ia juga menambahkan pembelajarannya dari dasar-dasar, yaitu coding atau learning logic.

“Pendidikan robot sudah sangat penting sejak usia dini. Seperti yang saya katakan, ada 8 teknologi dalam robotika, misalnya ada Internet of Things (IoT), Kecerdasan Buatan (AI), Big Data dan pembelajaran mesin,” Rudiantara kemudian mengatakan itu bertemu setelah pertemuan. Acara Robokids Fest di Jakarta Selatan, Minggu (13-13 / 2019).

Rudiantara juga mengungkapkan bahwa Departemen Pendidikan (Mendikbud) juga sedang mempersiapkan pelajaran kode yang akan dimasukkan dalam pelajaran tahun depan. Tidak hanya itu, Rudiantara juga berharap agar generasi muda di Indonesia dapat membuat robot ‘Made in Indonesia’.

“Tidak hanya dibuat oleh Hanson (merah: Hanson Robotic, pembuat robot AI Sophia),” kata Rudiantara.

Sementara itu, pendiri World Robotic Explorer, Jully Tjindrawan, mengatakan bahwa pengetahuan robot harus diperkenalkan lebih awal agar Indonesia tidak ketinggalan dari negara lain.

“Perlu dicatat bahwa robotika harus dimulai pada usia muda, karena internasional dimulai pada usia 2,5. Saya berharap Indonesia tidak ketinggalan dan mulai dari 2,5 tahun. Alat yang mengikuti mereka, saya lihat mengejar Indonesia,” kata Jully .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *