Nutrisi Kehamilan yang Tepat untuk Mengatasi Morning Sickness

Nutrisi kehamilan yang tepat pada dasarnya menjadi kunci utama bagi ibu hamil dalam menjalani masa – masa kehamilannya. Ibu hamil sudah semestinya tahu jenis makanan yang baik dikonsumsi, khususnya pada trimester pertama. Alasannya adalah karena sebagian ibu hamil alami yang namanya morning sickness di awal kehamilan, dan yang demikian tersebut biasanya mengakibatkan ibu hamil alami mual dan muntah. Tetapi demikian, ibu hamil tetap harus memperhatikan asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuhnya agar nutrisi janin bisa tetap terpenuhi.

Nutrisi Kehamilan yang Tepat untuk Mengatasi Morning Sickness

Penting sekali untuk Anda tahu bahwa di trimester pertama, ibu hamil butuh makanan dengan kandungan asam folat yang tinggi. Biasan ada pada buah jeruk, asparagus, telur, kentang, dan brokoli. Lalu sebagai tambahannya, ibu hamil juga disarankan untuk rajin mengkonsumsi makanan kaya vitamin B6 yang ada pada buah pisang, ikan salmon, dan beras merah. Tujuannya tidak lain untuk mengurangi mual dan muntah akibat morning sickness.

Sudah menjadi hal lumrah jika ibu hamil alami morning sickness, tidak hanya di pagi hari tetapi juga bisa bertahan di sepanjang hari. Kebanyakan morning sickness ini dialami oleh ibu hamil di trimester pertama. Tetapi demikian, bagi sebagian ibu hamil lain, kondisi tersebut ternyata dapat bertahan selama masa kehamilannya. Untuk mengatasi masalah morning sickness yang dialami ibu hamil pada trimester pertama, hindari konsumsi makan makanan dengan aroma kuat dan catat semua jenis makanan yang bisa sebabkan mual dan muntah. Dan berikut ini adalah beberapa contoh nutrisi terbaik ibu hamil untuk yang dipercaya bisa mengatasi morning sickness yang baik untuk dikonsumsi.

Kue jahe

Umumnya jahe banyak digunakan sebagai obat herbal untuk mengatasi rasa mual dengan disajikan dalam bentuk minuman. Tidak hanya itu saja, ternyata beberapa ibu hamil yang alami morning sickness menganggap bahwa mengkonsumsi makanan dengan kandungan karbohidrat sangat membantu. Nah, salah satu jenis makanan ibu hamil di trimester pertama yang bisa atasi mual dan muntah adalah kue jahe.

Salad buah semangka

Nutrisi yang terkandung di dalam buah semangka ini ternyata juga baik untuk mengatasi morning sickness selama kehamilan. Memiliki kandungan air yang tinggi, semangka dipercaya bisa membantu meringankan dehidrasi yang terjadi akibat sering muntah. Tidak hanya itu saja, buah semangka ternyata juga kaya akan kandungan kalori dan rendah lemak, sehingga cocok dijadikan sebagai camilan sehat bagi ibu hamil.

Muffin oatmeal pisang

Muffin oat pisang bisa dikonsumsi setiap pagi, siang, atau malam hari. Pisang adalah sumber kalium dan zat besi yang bagus untuk ibu hamil.

Selain makanan, ternyata ada pula minuman yang bisa mengatasi morning sickness. Contohnya saja air lemon dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi dan memiliki sifat antioksidan, juga bisa tingkatkan kemampuan tubuh dalam menyerap zat besi. Tidak hanya itu saja, juga ada air kelapa yang memgandung kalium, natrium, fosfor, magnesium, dan kalsium yang bisa digunakan untuk mengatasi dehidrasi selama kehamilan akibat morning sickness.

Selama kehamilan Anda disarankan untuk menghindari mengkonsumsi makanan olahan atau kemasan. Lebih baik Anda mencoba mengkonsumsi camilan yang sehat di atas diantara waktu mengkonsumsi makanan berat.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang nutrisi kehamilan yang tepat untuk mengatasi morning sickness. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *