Pernah Mengalami Sleepwalking? Ketahui Pengertian Tidur Berjalan dan Fakta Berikut Ini!

Gangguan pada saat tidur sering kali terjadi pada diri kita tanpa disadari. Banyak macam gangguan tidur yang bisa terjadi, salah satunya adalah gangguan tidur berjalan. Gangguan tidur seperti ini bisa juga disebut dengan istilah sleepwalking atau somnabulisme. Seseorang yang mengalami sleepwalking bisa tiba-tiba terbangun dari tempat tidur, lalu berjalan atau melakukan aktivitas layaknya sedang terjaga. Padahal orang tersebut masih dalam kondisi tidur dan tidak menyadari apa yang dilakukannya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang pengertian gangguan tidur berjalan, mari kita membahas mengenai tahapan-tahapan saat kita tidur. Tanpa kita sadari, terdapat dua tahapan saat tidur yaitu non rapid eye movement (NREM) dan rapid eye movement (REM). Pada tahap REM, beberapa hal terjadi pada tubuh kita seperti napas dan denyut jantung menjadi lebih cepat dan otak menjadi lebih aktif. Nah, pada tahapan inilah biasanya kita bermimpi. Dua tahapan ini masing-masing memiliki durasi 90 menit dan terjadi bergantian dari NREM ke REM. Selama kita tidur, siklus pergantian ini bisa terjadi 4-5 kali.

Sumber gambar : mirror.co.uk

Pada fase tidur NREM, terbagi lagi menjadi tiga fase. Pada fase pertama, kita sudah memejamkan mata namun masih mudah untuk bangun. Kita biasa menyebut tidur ayam dalam istilah sehari-hari. Pada fase kedua, tubuh kita sedang bersiap untuk deep sleep yang ditandai dengan turunnya suhu tubuh serta melambatnya denyut jantung. Fase ketiga adalah deep sleep, dimana tubuh kita benar-benar istirahat. Pada tahap ini juga tubuh kita sedang melakukan regenerasi sel.

Gejala Tidur Berjalan 

Untuk memahami pengertian gangguan tidur berjalan, kita juga harus mengetahui gejala yang biasa dialami oleh penderita gangguan sleepwalking. Seperti yang sudah kita ketahui, umumnya penderita sleepwalking akan bangun dari tempat tidur kemudian berjalan dalam kondisi tertidur. Sebagian penderita gangguan ini akan berjalan dengan mata tertutup, sebagian lagi berjalan dengan mata terbuka seperti orang normal. Hanya saja, orang tersebut hanya berjalan lurus tanpa mengenali orang di sekelilingnya.

Penderita gangguan ini sulit untuk dibangunkan atau disadarkan. Setelah sadar pun, dirinya tidak akan menyadari kegiatan yang telah dilakukannya tersebut. Sleepwalking terjadi pada tahapan tidur NREM, yaitu 2-3 jam setelah kita terlelap. Kejadian tidur berjalan akan berulang dan terjadi lebih dari sekali. Umumnya sleepwalking lebih banyak dialami oleh anak-anak di bawah usia 11 tahun. Sangat jarang kasus tidur berjalan dialami oleh orang dewasa.

Penyebab Gangguan Tidur Berjalan

Di atas kita sudah membahas tentang pengertian gangguan tidur berjalan, lalu apa penyebab sebenarnya? Sleepwalking sendiri disebabkan oleh banyak hal antara lain faktor genetik atau keturunan. Seseorang yang menderita gangguan sleepwalking akan menurunkan resiko 10 kali lebih besar terjadinya gangguan ini kepada anaknya.

Mengonsumsi obat obatan tertentu juga bisa menjadi pemicu terjadinya sleepwalking. Obat-obatan antidepresan, antikonvulsan, antihistamin, antipsikotik, dan obat penenang memberikan efek samping berupa gangguan tidur berjalan. Selain itu, keracunan alkohol, kekurangan magnesium, stress, kurang tidur, dan jadwal tidur tak teratur juga bisa menjadi penyebab lain sleepwalking.

Cara Mengatasi Sleepwalking

Beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk mengatasi gangguan tidur berjalan antara lain

  • tidur dengan jadwal yang teratur
  • Tidak minum minuman yang mengandung kafein dan alkohol sebelum tidur
  • Relaksasi sebelum tidur
  • Mengurangi stress dan menghindari penyebabnya

Pertolongan yang bisa kita lakukan kepada penderita sleepwalking adalah dengan menuntunnya agar kembali tertidur dengan baik. Usahakan untuk tidak membangunkannya.

Itulah pembahasan tentag pengertian gangguan tidur berjalan, penyebab terjadinya, serta cara untuk menangani masalah sleepwalking, semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *