Tes Fisik Sederhana Ini dapat Memprediksi Risiko Serangan Jantung

Kondisi kesehatan jantung harus dipantau secara teratur, terutama jika Anda memiliki faktor risiko penyakit jantung. Jika Anda belum sempat melakukannya, ada beberapa tes sederhana yang bisa dilakukan untuk memprediksi kondisi jantung.

Ini tentu tidak akan seakurat tes elektrokardiografi (EKG) di rumah sakit. Tetapi setidaknya jika Anda tidak dapat melakukannya, maka Anda dapat segera menetapkan prioritas untuk mengendalikan hati Anda sebelum terjadi kesalahan.

Berikut detikHealth ini merangkum beberapa tes sederhana yang telah terbukti secara ilmiah.

1. Coba push up
Sebuah studi di Harvard T.H. Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan menyimpulkan bahwa pria yang mampu meningkat 40 kali pada suatu waktu memiliki risiko 96% lebih rendah mengalami serangan jantung. Penelitian ini dipublikasikan dalam jurnal JAMA Network Open.

2. Menaiki tangga
Menaiki tangga juga bisa menjadi tes sederhana untuk mengukur kemampuan jantung. Agar bugar, sebuah studi di Spanyol mengharuskan seseorang untuk naik 4 langkah menumpuk dalam waktu kurang dari satu menit tanpa berhenti.

3. Jabat tangan
Para ilmuwan di Universitas McMaster di Kanada meneliti kekuatan cengkeraman ketika berjabatan tangan dengan dinamometer. Mereka menyimpulkan bahwa setiap 5 kg penurunan daya cengkeram, risiko kematian akibat penyakit jantung meningkat sebesar 17%.

4. Ereksi
Pria, kapasitas ereksi dan kesehatan jantung dan sistem vaskular sangat terkait. Ereksi terjadi ketika ada peningkatan aliran darah di bagian vital pria. Jika ini tidak terjadi, itu berarti ada masalah dengan sistem pembuluh darah. Penghalang di titik vital bisa memicu serangan jantung.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *