Tips Merawat Mobil Matic yang Baik dan Benar

Banyak sekali yang bilang bahwa untuk merawat mobil matic atau mobil bertransmisi otomatis ini sulit sekali. Padahal yang demikian tersebut sampai sekarang masih belum terbukti kebenarannya. Untuk merawat mobil matic ini sebenarnya mudah sekali, bahkan Anda bisa melakukannya sendiri di rumah. Perawatan mobil yang baik dan benar sudah pasti akan mendukung mobil matic yang Anda miliki tersebut, sehingga performanya selalu terjaga dengan baik dan awet. Meskipun perawatan terhadap mobil matic, terutama untuk bagian – bagian mesin mobil pada dasarnya hanya bisa dilakukan di bengkel – bengkel resmi yang berpengalaman, akan tetapi tentu saja memahami secara pribadi tips merawat mobil matic tentu saja tidak menjadi masalah, bahkan besar manfaatnya.

Ya, dengan mengetahui langkah tepat merawat mobil jenis matic tentu saja akan membantu Anda dalam memahami hal – hal baru yang penting untuk Anda lakukan agar mobil matic yang Anda miliki tersebut selalu terawat dan tetap awet. Cara merawat mobil matic yang benar dan bisa Anda lakukan dalam keseharian adalah pada saat menggunakan dan mengendarai mobil tersebut. Sebab cara penggunaan mobil yang baik dan benar tentu saja akan menentukan kondisi mesin pada mobil maticmu.

Tips Merawat Mobil Matic yang Baik dan Benar

  • Tips merawat mobil jenis matic pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memindahkan tuas ke posisi transmisi N apabila mobil Anda ada di traffic light. Yang demikian ini nanti akan berguna sekali untuk mencegah keausan mesin mobil matic Anda. Jadi lebih baik usahakan untuk tidak menggunakan posisi D pada saat menginjak pedal rem-nya.
  • Selain hal tersebut, pada saat akan memarkirkan mobil, lebih baik injak pedal rem kemudian tarik rem tangan lalu pindahkan tuas ke posisi transmisi. Ini bertujuan agar roda terkunci dengan aman. Jika sudah, baru Anda bisa mematikan mesinnya seperti biasa.
  • Agar mobil Anda selalu awet dan tetap dalam kondisi yang baik, maka sangat disarankan sekali agar Anda tidak menggunakan tuas dalam posisi transmisi P saat mobil belum berhenti sepenuhnya. Jangan pernah membiarkan mobil Anda terpakir dalam posisi tersebut. Jika tidak, maka bukan tidak mungkin plat kopling pada mobil Anda cepat rusak.
  • Penting sekali untuk Anda tahu bahwa semakin tuanya umur oli mobil Anda, tentu saja kekentalan dan viskolitas akan alami penurunan, sehingga yang demikian ini akan ciptakan gesekan antar kanvas kopling jadi semakin keras. Oleh sebab itu, jika Anda memang memiliki mobil dengan jenis matic, maka Anda harus lebih rajin dan tepat waktu untuk melakukan pergantian oli. Jika tidak, sudah pasti hal tersebut akan berakibat fatal pada mesin mobil Anda.
  • Umumnya munculnya gejala kopling selip menjadi pertanda bahwa ada keruaskan pada mesin mobil Anda. Hal ini biasanya ditandai dengan tidak seimbangnya putaran mesin dengan laju mobil. Apabila Anda memang sudah mulai merasakan hal demikian, maka sangat disarankan sekali untuk membawa mobil Anda ke bengkel resmi untuk melakukan perawatan juga pengecekan.
  • Selain hal tersebut juga perlu untuk Anda tahu bahwa pengecekan kondisi oli mobil umumnya dilakukan dengan cara melihat dipstik yang ada di ruang mesin atas bak gearbox atau perseneling. Khusus untuk beberapa tipe mobil tertentu, disptick bisa dicek lewat bagian lubang bawh gearbox.

Demikian informasi yang bisa kami bagikan tentang tips merawat mobil matic yang baik dan benar. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *